Foto ROL

Yup... Berawal dari pertemuan dengan seorang pelukis (bukan seniman), dia menyampaikan demikian karena belum sepenuhnya bisa melukis dengan seni melainkan sekarang masih berdasarkan komesial dan uang tentunya. Bercerita tentang pelukis-pelukis luar negeri yang tinggal di Balilah yang sangat berperan dalam perkembangan seni visual di daerah Bali khususnya. Antara lain Le Mayeur, Walter Spies, Antonio Blanco, Rudolf Bonnet dan banyak lagi pelukis hebat lain.



Semua pelukis itu memiliki ketertarikan dengan Bali, tentunya lukisan-lukisan mereka sudah terkenal seantero jagat. Salah satu adalah gaya lukisan Walter Spies tentang alam Bali, suasana alam Bali di pagi hari dengan embun-embun yang terbakar menjadi asap-asap di sela nyiur dengan aktifitas masyarakatnya dan ini juga salah satunya cukup menarik sampai saat ini. Pemandangan alam Bali dengan asap dan siluet mungkin banyak kita jumpai sekarang di seni foto. Dengan dunia fotografi gaya seni seperti ini sering diistilahkan dengan ROL (Ray of Light). Aliran-aliran asap yang ditusuk oleh sinar di selah pepohonan juga menjadi hal menarik dan indah untuk direkam dalam foto.



Indahnya alam, budaya dan semua tentang Bali membuat semua penikmat maupun pembuat seni visual menjadi ingin mengabadikan dengan gaya masing-masing. Mari kita tetap berkarya!



catatan 12 Agustus 2013.

Tidak ada komentar: