m book 28 - Pawai PKB 2006-2014

Yup... Terima kasih Tuhan atas anugerah dan sinar suciMu selama ini. Puji dan syukur selalu dipanjatkan dalam kehidupan ini.

Pesta Kesenian Bali (PKB) selalu dilaksanakan setiap tahun dan pertama dimulai dari tahun 1979. PKB dengan istilah luarnya disebut dengan Bali Art Festival dilaksanakan dalam beberapa kegiatan salah satunya yang menarik adalah pawai budaya, biasanya dilaksanakan pada awal acara. Kegiatan PKB biasanya berlangsung selama sebulan penuh, mengambil jadwal saat liburan sekolah berlangsung dari bulan Juni sampai dengan Juli. Pertunjukan seni berlangsung sepanjang hari selama sebulan itu. Pentas dilaksanakan dalam empat sesi waktu yaitu pagi, siang, sore dan juga malam bertempat di Taman Budaya (Art Center). Di areal Taman Budaya terdapat beberapa tempat pertunjunkan dalam satu sesi biasanya diadakan beberapa pentas seni dalam waktu bersamaan.

Dalam pawai PKB ditampilkan parade kesenian dari masing-masing kabupaten yang ada di Bali dan juga seni budaya dari beberapa daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri. Pawai biasanya dilaksanakan di arel jalan Niti Mandala Renon (seputaran Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi) atau seputaran Lapangan Puputan Badung. Dua tempat ini yang selalu digunakan dalam penyelenggaraan.

Dalam buku ini menampilkan beberapa foto-foto tentang pawai dalam sisi lain, bukan dalam pentas di panggung utama. Mulai dari tahun 2006 berturut-turut sampai tahun 2014. Kendala bagi masyarakat umum agak sedikit sulit medapatkan izin motret di areal panggung utama, setelah mencoba ngurus tanda pengenal. Termasuk juga saat pawai dikarenakan di panggung utama tempat para pejabat jadi tidak bisa leluasa untuk menonton. Biasanya pawai langsung dibuka oleh Presiden, dilaksanakan pada sore hari. Tapi tidak jadi masalah juga, walau foto yang ditampilkan adalah sebelum mereka pentas. Semua sangat menarik untuk difoto tentunya. Mulai dari busana, kreatifitas dan juga tampilan-tampilan seni budaya yang begitu unik berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya.

Selalu ada hal yang menarik dalam pawai untuk difoto. Beberapa kesenian luar daerah yang jarang kita saksikan tentunya menjadi sesuatu hal yang baru. Tidak kalah juga seni budaya Bali dari berbagai kabupaten/kota yang jarang dan tidak pernah kita tahu. Walau tidak dipungkiri beberapa juga ada penampilan yang berulang dari PKB sebelumnya.

Salah satu upaya yang dilaksanakan dalam melestarikan seni budaya dan sangat bermanfaat. Kesempatan bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitas seni dan juga tak kalah penting merupakan hiburan bagi masyarakat sebagai penonton dan gratis pula.
Mohon maaf jika ada kesalahan yang tentunya tidak disengaja. Saran dan masukannya tentunya diharapkan demi perbaikan dikemudian hari. Terima kasih atas semuanya dalam pembuatan buku galeri foto ini.
Foto dan tek oleh Nyoman Martawan


Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat