m book 23 - tari-tari Bali anak-anak



tari-tari Bali anak-anak

Tak henti-hentinya saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua anugerahNya selama ini. Semua yang pernah dan akan kita nikmati adalah berkat karuniaNya.

Perkenalan seni tari kepada anak-anak merupakan tujuan utama dari buku foto ini. Tari-tari Bali yang ditampilkan di sini hanya ada beberapa saja, tidak mencakup semuanya. Mungkin tari-tari yang lebih sering dipentaskan atau sering kita jumpai dalam pertunjukan-pertunjukan seni. Tidak ada ulasan secara mendetail dari masing-masing tari, hanya satu dua kalimat saja yang disampaikan dalam satu tarian. Lebih diharapkan anak-anak mengetahui tari-tari Bali dalam bentuk foto dengan sedikit keterangan tentang tari yang dimaksud.

Penari-penari yang ditampilkan di buku foto ini kebanyakan anak-anak, baik mereka yang baru masuk Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan ada juga para remaja. Jika diperhatikan ternyata kebanyakan tari-tari Bali adalah putri sebagai penarinya dibandingkan dengan putra. Misalnya tari yang memerankan raja muda, keperkasaan raja hutan dan lainnya biasa ditarikan putri. Kemungkinan kalau seorang putri memiliki gerakan yang lebih luwes, lemah gemulai sehingga lebih gampang diatur dan menyesuaikan dengan segala tari. Anak-anak yang hebat, mereka selalu giat berlatih di sanggar tari maupun di sekolah mereka.

Foto-foto tari yang ada dalam buku ini dikumpulkan mulai dari tahun 2008 sampai dengan 2014. Semua foto dipotret saat mereka pentas baik saat upacara di pura atau pun ketika anak-anak sedang membawakan tarian di panggung. Tetapi kali ini foto-foto yang ditampilkan sebagian besar hanya menonjolkan penarinya saja untuk memudahkan fokus pengenalan tari.
Kesenangan dalam menyaksikan anak-anak yang sedang menari ternyata agak sedikit berbeda dengan orang yang sudah dewasa. Mereka biasanya lebih dalam tahap belajar, keberanian menggerakan badan di depan penonton merupakan pengujian mental yang tidak mudah dilakukan untuk anak-anak yang masih baru di dunia pertunjukan seni tari ini. Belum lagi untuk menghafal sebuah tarian atau pun mengenakan busana (pakaian) tari yang membuat mereka terkadang tidak nyaman. Dalam pertunjukan seni yang biasanya menampilkan beberapa tari membuat mereka untuk berhias jauh beberapa jam sebelum pementasan. Sungguh luar biasa semangatnya.

Memang yang paling menarik dari tari-tari Bali ini adalah busana yang dikenakan. Penari terlihat mencolok dari orang-orang di sekitarnya. Dengan pakaian yang dibuat khusus dengan berbagai hiasan yang menarik. Prada emas adalah warna yang lebih sering ditemukan dalam busana tari Bali.

Nampak ada dalam kain-kain, mahkota (gelungan) dan asesori seperti gelang, badong (kalung besar) maupun subeng (anting). Warna-warni busana juga terlihat cerah, dengan memadukan warna-warna kontras seperti merah, hijau, kuning dan biru.
Kalau diperhatikan tari-tari Bali juga lebih banyak terinsfirasi dari keindahan alam. Burung adalah salah satu contoh, keindahan bulu-bulu, tingkah laku dan juga merdu kicauanya. Kegiatan sehari-hari, pekerjaan, keindahan bunga bahkan sampai kisah cinta. Juga terlihat beberapa tari dengan nama yang mirip (sama) dengan beberapa tari yang ada di nusantara.

Mohon maaf jika ada kesalahan yang tentunya tidak disengaja. Saran dan masukannya tentunya diharapkan demi perbaikan dikemudian hari. Terima kasih atas semuanya dalam pembuatan buku ini.
Foto dan tek oleh Nyoman Martawan

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat