Pentas Tarian Bali

Yup... Pentas seni tari Bali anak-anak di Bali pada 17 Mei 2014. Menampilkan Tari Wirayudha, Tari Condong dan Tari Cilinaya.





Tari Wirayuda

Busana yang digunakan oleh penari Wirayuda adalah busana seorang prajurit yang sedang latihan perang. Tarian ini dibawakan oleh laki-laki dengan membawa senjata tombak. Biasanya ditarikan secara berkelompok antara duan atau lebih pasang penari.

Tari Wirayuda mengisahkan kepahlawanan, patriot yang siap membela bangsa. Tarian yang terinsfirasi oleh tarian-tarian Baris yang sudah ada sebelumnya seperti Bari Baris Gede, Baris Tumbak dann juga Baris Katekok Jago. Tari inu terlihat menarik ketika para penari saling meengadu tombak sesama penari lainnya.





Tari Condong

Tari Condong merupakan tarian Bali yang biasanya menggunakan busana serba merah daengan hiasan prada emas. Dengan memakai mahkota (gelugan) seperti seorang putri. Tari ini dimainkan oleh seorang atau sekelompok gadis.

Tari ini merupakan bagian Tari Legong Kraton (lasem). Mengisahkan para bidadari yang sangat gemar menari dengan gerak tubuh yang lemah gemulai. Tarian ini sangat menarik untuk disaksikan, para penari bergerak sangat lentur baik saat mereka dengan agem (gerak) berdiri ataupun saat bersimpuh.





Tari Cilinaya

Tari Ciliniaya ditarikan oleh gadis-gadis dengan menggunakan busana Bali yang khas. Indentik dengan mengenakan gelungan (mahkota) dengan bentik menyerupai cili. Cili merupakan bentuk sesajen upakara yang digunakan sembahyang oleh umat Hindu.

Tari ini ditarikan dengan lembah gemulai dan penuh keceriaan. Gadis-gadis yang cantik menarikan dengan gerakan-gerakan tari-tari yang sudah tidak asing lagi. Lentik jemari, tatapan dan lirik mata juga kuatnya kaki sehingga menjadikan tarian ini terlihat menarik dan sempurna.



Tidak ada komentar: