Gong Kebyar Denpasar

Yup... Gong Kebyar Anak yang menampilkan Puspa Kumara dari Renon yang memainkan tabuh Bangun Anyar, Tari Pupanjali dan Tari Topeng Monyer berdampingan dengan sekaa Adnyana Putra dari banjar Belong, Sanur yang memainkan tabuh Sekar Gadung, Tari Sekar Jempiring dan tari Sekar Ibing.


Tari Sekar Ibing

Tari Sekar Ibing merupakan tarian pergaulan yang ditarikan berpasangan oleh muda-mudi. Dengan penuh semangat mereka menari riang gembira. Pemudi yang diibaratkan dengan sekar (bunga), sedangkan pemuda yang akan ngibing (berjoged).


Topeng Monyer

Tari Topeng Monyer sangat menarik untuk disaksikan karena lebih menampilkan kelucuan dalam gerak tarinya. Dengan mengenakan topeng dengan mulut agak maju. Gerak tarinya terkesan agak bebas dan lebih mengutamakan interaksi dengan penonton. Membuat penonton bergembira dan tertawa merupakan salah satu tujuan dipentaskanya tarian ini.


Tari Puspanjali

Busana penari tampak begitu indah dan menarik untuk dilihat. Warna-warni yang yang tampak mencolok dan hidup menjadikan tarian ini daya tarik sendiri. Asesoris rambut yang penuh dengan bunga dan juga emas-emasan memberi kesan yang beda. Gelang di pergelangan tangan dan juga kain dan dimodifikasi juga layaknya saya yang hanya berada di sebelah kiri saja. Sabuk besar, badong dan juga selendang melintang di bahu menjadi ciri dari tari penyambutan ini.

Para gadis secara berkelompok bisanya menarikan tarian ini. Tari penyambutan untuk para tamu yang datang dengan gerak yang mendayu-dayu, lemah gemulai tidak ada gerakan yang keras dan ekpresif. Mukin layaknya menebarkan pesona sehingga para penonton tidak mau beranjak untuk menyaksikan tarian ini sampai tuntas. Rasa hormat dan juga simpatik kepada para tamu yang hadir sebagai tujuan utamnya.

Puspanjali dipentaskan sebagai awal acara dalam pertunjukan seni. Juga sering ditarikan saat ada tamu-tamu luar daerah yang datang. Tarian selamat datang ini sampai saat ini masih tetp lestari dan banyak dijumpai di setiap daerah di Bali. Tebiasa juga kelompok-kelompok seni atau sanggar selalu mengajarkan tarian ini.

Kata Puspanjali berasal dari kata puspa yang berarti bunga dan anjali bermakna menghormat. Tari Puspanjali merupakan tarian kehormatan untuk menyambut tamu yang digambarkan dengan keindahan bunga, hormat dari penyambut dan juga yang disambut.


Gong Kebyar


Gong Kebyar

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat