Gong Kebyar Anak

Yup... Gong kebyar anak yang menampilkan Taman Sari Budaya (Oranye) dari Banjar pedungan yang memainkan tabuh telu batur sari, tari Taman Sari dan Tari wirayuda berdampingan dengan sekaa gong anak Sekar Kumara dari petilan, Kesiman yang memainkan tabuh kreasi Nyingklak, tari sekar jempiring dan tari Cendrawasih.


Sekaa gong kebyar


Sekaa gong kebyar


Tari Sekar Jempiring

Tari Sekar Jempiring merupakan tarian maskot Kota Denpasar. Tari ini menggambarkan bunga jempiring yang indah, harum dengan warna bunga putih. Tari ini biasa dipentaskan untuk penyambutan tamu dan juga tontonan.


Tari Wirayuda

Busana yang digunakan oleh penari Wirayuda adalah busana seorang prajurit yang sedang latihan perang. Tarian ini dibawakan oleh laki-laki dengan membawa senjata tombak. Biasanya ditarikan secara berkelompok antara duan atau lebih pasang penari.

Tari Wirayuda mengisahkan kepahlawanan, patriot yang siap membela bangsa. Tarian yang terinsfirasi oleh tarian-tarian Baris yang sudah ada sebelumnya seperti Bari Baris Gede, Baris Tumbak dann juga Baris Katekok Jago. Tari inu terlihat menarik ketika para penari saling meengadu tombak sesama penari lainnya.



Tari Cendrawasih

Penari Cendrawasih berbusana layaknya mengikuti keindahan dari burung cendrawasih. Biasanya dengan ekor berwasna kuning. Memakai mahkota (gelungan) dengan berbentuk burung, kepala menghadap depan dan sayapnya terhempak ke samping. Penari juga mengenakan gelang yang melekat di kedua lengan dan pergelangan tangan.

Gerak tari mengikuti burung cendrawasih, yang mungkin banyak terdapat di daerah Indonesia timur seperti di Papua dan sekitarnya. Penarinya biasanya gadis-gadis yang berpasangan. Gerak terkadang melakukan lompatan-lompatan kecil dan memamerkan ekornya. Terihat dari tarian ini mereka layaknya burung yang saling bercanda, merpindah dari dahan ke ranting dan mereka sangat menikmati keindahan alam bersama teman dan pasanganya.

Tari Cendrawasih bisanya dipentaskan saat acara-acara tertentu sebagi tontonan kepada warga. Terlihat dibawakan saat pesta kenaikan kelas, pentas seni tari dan beberapa acara lain untuk memberikan tontonan.

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat