Tari Bali oleh Sekar Rare Banjar Pande

Yup... Kesenian pengembangan atau kontemporer oleh Sanggar Sekar Rare Banjar Pande, Tabanan tampil pada PKB-ke 33 (14/6).


Tari Puspanjali sebuah tarian penyambutan yang terinspirasi dari gerak Tari Rejang. Ditarikan oleh sekelompok penari yang merupakan ucapan selamat datang bagi para tamu.


Tari Manukrawa yang menggambarkan prilaku burung rawa yang sebagaimana dikisahkan dalam cerita Wanaparwa dari Mahabrata. Gerakan diambil dari tari Bali, Jawa dan Sunda yang dimodifikasi sesuai dengan tuntutan keindahan. Diciptakan pada tahun 1981 oleh I Wayan Dibya.


Tari Trunajaya, tarian ini berasal dari Bali utara yang melukiskan gerak-gerik seorang pemuda yang menginjak dewasa, sangat emosional tingkah serta ulahnya senantiasa memikat wanita. Tari ini biasanya ditarikan oleh wanita dalam istilah lainnya termasuk tari bebancihan.


Tari Merak Angelo. tari yang menggambarkan burung merak jantan dengan bangganya memamerkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni seraya meliuk-liukan badannya dengan maksud menarik perhatian burung merak betina.


Tari Tenun, melukiskan seorang wanita yang sedang menenun. Dalam tarian ini dilukiskan keindahan gerakan-gerakan memintal benang dan keterampilan jari tangan pada kegiatan menenun.


Tari Legong Kraton lasem, sebenarnya tarian ini ditarikan oleh dua pasang, setiap pasangnya terdiri dari tiga penari gadis, yang salah satunya berperan sebagai Condong dengan mengambil kisah Panji yaitu Raja Lasem meminang Rangke Sari, putri dari kerajaan Kediri, namun ditolak pinangannya karena diikat oleh Raden Panji Kahuripan.


Tari Cendrawasih, kesenian pengembangan atau kontemporer oleh Sanggar Sekar Rare Banjar Pande, Tabanan tampil pada PKB-ke 33 (14/6). Menggambarkan sepasang burung cendrawasih jantan dan betina yang beterbangan kian kemari sambil memadu kasih.


Tari Oleg, kesenian pengembangan atau kontemporer oleh Sanggar Sekar Rare Banjar Pande, Tabanan tampil pada PKB-ke 33 (14/6). Tari mengisahkan kumbang yang memadu kasih di taman.


Tari Metangi, tari kreasi yang terinspirasi dari sektor pertanian, sebagai sumber kemakmuran dan kesejahteraan. mengingat kembali akan, Tabanan yang dulunya lebih dikenal dengan lumbung padinya Bali. Bersama-sama tetap mempertahankan pertanian demi kelestarian Tabanan yang serasi.


Tari Buratwangi, kesenian pengembangan atau kontemporer oleh Sanggar Sekar Rare Banjar Pande, Tabanan tampil pada PKB-ke 33 (14/6). Tari persembahan yang mengungkapkan rasa bakti dan puji syukur kepada Sang Pencipta atas karunia yang dilimpahkan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat