Otonan itu Ulang Tahun

Yup... Memang kalau ulang tahun memang tidak asing lagi dan untuk umat Hindu di Bali juga merayakannya dengan nama Otonan. ilaksanakan setiap enam bulan sekali kalender bali, satu bulan berkisar 3 hari. Dengan menggunakan hitungan pewukuan dan dicari harinya yang tepat. Dan pada saat saya foto ini tanggal 7 Mei 2011.

Kalau di hari ulang tahun kita mendapatkan kue ulang tahun begitu juga saat otonan, seseorang biasanya dibuatkan banten otonan yang berisi beberapa buah dan daging. Pada saat seseorang memasuki satu dan tiga oton (enam bulan dan satu setengah tahun) bagi mereka yang mampu biasanya dibuatkan babi guling dan diadakan dengan hiburan seperti wayang dan sebagainya, karena dianggap hari sepesial.


Saat otonan di tangan biasanya diikatkan benang putih, terlihat banten otonan yang cukup sederhana. Otonan yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali.


Otonan biasanya dilaksanakan di tempat tidur (bale) ataupun juga di bale dangin (bangunan khusus yang diperuntukan dalam upacara Manusa Yadnya, yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat