Pantai di Kawasan Sanur - dari Padang Galak sampai Matahari Terbit

Yup... Tentunya semua orang kenal Pantai Sanur, mari kita lebih berjalan ke utara lagi di pantai ini, yaitu di Pantai Padang Galak dan Pantai Matahari Terbit. Memang nama pantai-pantai ini tidak setenar nama Pantai Sanur tetapi pantai-pantai ini memberikan pemandangan yang sangat eksotis bagi para penikmatnya. Pantai-pantai ini banyak dikunjungi oleh penduduk pada waktu pagi untuk menikmati kesegaran udara sambil menikmati sunrise dan sore hari untuk lari-lari kecil (jogging). Mari kita lihat satu persatu dari pantai ini.

Pantai Padang Galak
Keindahan pantai ini sangat tepat jika kita menikmatinya di pagi hari. Keindahan sunrise di pantai ini memang tidak diragukan lagi. Sunrise dengan pemandangan pura dan deburan ombak sehingga dapat memberikan ketenangan di hati kita yang menyaksikanya. Nelayan yang sedang menjaring ikan-ikan tidak jauh ke tengah laut hanya di pinggiran saja juga sangat indah untuk dilihat.





Setelah para nelayan itu mendapatkan ikan di pinggir pantai sudah ditunggu para pembeli ikan maupun penduduk yang ingin membelinya. Ikan yang segar tentunya banyak yang suka daripada membeli di tempat lain yang belum tentu kesegaranya. Dengan uang Rp 5000 (lima ribu) kita bisa medapatkan satu kresek putih kecil ikan segar.





Di pinggir pantai yang sudah dipasangi batu-batu besar sebagai pencegah abrasi yang sudah dipaping (diubin) juga banyak terlihat orang yang sedang bersepeda ria sehingga menjadikan pantai ini sangat komplit untuk dikunjungi terutama di pagi hari.



Pantai Matahari Terbit
Dari nama pantainya saja kita sudah bisa menebak di pantai ini disajikan matahari terbit (sunrise). Berbagai kegiatan nampak di pantai ini. Memancing adalah salah satunya, banyak orang yang suka memancing di pantai ini karena banyak ikan yang berada di tepian, selain sebagai penyalur hobi. Selain mancing mejaring (mencar) juga telihat ada di pantai ini.





Kegiatan keagamaan juga sering diadakan di pantai ini terutama umat yang beragama Hindu. Mereka menghaturkan bakti dan canang (sesajen). Sempat juga terlihat beberapa umat Hindu yang akan menyebrang ke Pulau Nusa Penida yang akan bersembahyang, biasanya mereka menuju Pura Dalem Peed yang ada di Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Perahu dan boat di sini juga siap mengantarkan ke Lembongan untuk para wisatawan. Lembongan yang sangat terkenal karena keindahanya alamnya yang masih asli.





Hal yang menarik terlihat di sini ada orang yang melakukan terapi kesehatan dengan menanamkan tubuhnya dengan pasir. Hal seperti ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti kesemutan dan memperlancar peredaran darah dan berbagai keluhan yang lainya.



Demikianlah sedikit cerita tentang Pantai di seputaran Sanur ini, Pantai Padang Galak dan Pantai Matahari Terbit.tgl. foto 19 des 2008 kecuali foto pura 7 nopember 2008

Tidak ada komentar: