Selonding Mekar Bhuana

Yup... Tari Tinju Cak iringan selonding oleh Sanggar Mekar Bhuana, Denpasar pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 di Kalangan Ratna Kanda, Taman Budaya Bali pada 11 Juli 2014.

Tinju Cak (saih Rarawangi) merupakan gending pertama yang diciptakan oleh Gede Semara (lihat penabuh cilik di kiri bawah) saat berumur 6 tahun tanpa dibantu siapa pun. Uniknya, pola pukulan jegogannya adalah chord. Ibunya yaitu Putu Evie, telah diinspirasikan untuk membuat tariannya berdasarkan gerakan rerejangan dan pagambuhan. Dua diantara penari asing yang menari adalah murid pemula yang belum lama ini belajar di Mekar Bhuana.

Tari Kungkarang iringan selonding oleh Sanggar Mekar Bhuana, Denpasar pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 di Kalangan Ratna Kanda, Taman Budaya Bali pada 11 Juli 2014.

Kungkarang (saih yang belum mempunyai nama) ciptaan Gede Semara yang terbaru diinspirasikan oleh gambelan baleganjur. Berdasarkan ritme yang terdengar seperti bunyi kaki kuda dan Putu Evie (ibunya) terinspirasi menciptakan sebuah tari baru.











Tidak ada komentar: