Mapepada Agung di Batur

Yup... Pada puncak upacara di Pura Batur, Kintamani, Bangli dilaksanakan prosesi mapepada angung. Posesi Ida Betara tedun ke jaba pura untuk berkeliling untuk pengganugrahan kepada warga masyarakat. Acara dimuali dari siang hari diawali dengan tapakan dan berbagai prelingga menuju sisi luar pura untuk berkeliling pada purnama ini tanggal 6 April 2012. Mapepada ini diikuti oleh warga masyarakat yang sangat banyak sehingga jalanan yang ada di depan pura menjadi sesak. Berbagai baleganjur, gambelan, peedan gebogan, penari baris, hewan kurban, jempana dan berbagi macam lagi.

Selesai mapepada dilaksanakan berbagai pertunjukan tarian. Tarian-tarian ini dilaksanakan dari berbagai banjar yang ada di seputaran Batur. Dari Baris Gede, Baris Tamyang, Baris Tombak, Baris Bedil, Baris Dadap, Tari Rejang ditarikan di Pura Batur. Tarian penuh berlangsung dari Pagi sampah petang hari. Tari Wayang wong juga ditampilkan saat puncak upacara ini.


Anak dengan busana khas Bali yang siap melaksanakan acara mapepada.


Peedan jerimpen saat mapepada.


Warga masyarakat saat menonton pertunjukan tarian di pura.


Seorang bapak yang menjunjung banten seusai persembahyangan. Jenis banten daerah Batur memang terkesan beda dengan daerah-daerah lainnya di Bali.


Persembahyangan di Pura Batur.


Tari Baris Dadap salah satu tarian selesai mapepada agung.

Tidak ada komentar:

Paling Banyak Dilihat